Kementerian PUPR Tinjau Lokasi Venue PON Papua

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau lokasi pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Kampung Harapan dan Doyo, Kabupaten Jayapura, Kamis (14/12/2017).

Kunjungan singkat dari Kementerian PUPR yang diwakili Kepala Seksi Gedung Negara Direktorat Bina Penataan Bangunan Kustrianti, didampingi Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi dan Dwi Aji Wicaksono, project manager PT. PP Persero Tbk.

Dari pantauan media ini, tim Kementerian PUPR meninjau lokasi pembangunan venue Aquantik, Istora Papua Bangkit dan kolam renang di Kampung Harapan Sentani. Kemudian, tim menuju Doyo Distrik  Waibu untuk melihat lokasi pembangunan venue lapangan hockey dan venue kriket.

Kustrianti kepada wartawan mengatakan, kedatangan timnya ke Jayapura untuk memastikan lokasi pembangunan lima venue yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat.

“Kita sudah diberikan desain venuenya maupun lokasi pembangunan, tetapi kami ingin memastikan lokasi tersebut,” katanya.

Menurutnya, pembangunan lima venue tersebut akan dimulai tahun 2018. Sehingga Kementerian PUPR ingin memastikan lokasi venuenya. Sebab, tugas pemerintah pusat hanya membangun, penyediaan lokasi menjadi tanggungjawab Pemda Papua.

Dikatakan, anggaran pembangunan lima venue tersebut sudah masuk dalam APBN 2018. Dengan demikian, ketika presiden menandatangani Inpres PON, maka pembangunan bisa segera dimulai.

“Inpres kan tinggal ditandatangani Presiden, karena Inpres menjadi dasar hukum untuk Kementerian PUPR bekerja maupun Kementerian Keuangan sendiri untuk mengekseskusi anggaran tersebut,” ujarnya.

Kustrianti menambahkan, pembangunan lima venue PON dikerjakan dalam hingga 2018 seluruh sudah selesai akhir tahun 2019.

Sementara Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan dengan pembangunan lima venue yang dilakukan oleh Kementerian PUPR maka pihaknya tinggal mengurus masalah akomodasi. Sebab, masalah pembangunan infrastruktur sudah tuntas.

Papua diagendakan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional ke-XX tahun 2020. Pelaksanaannya akan disebar di lima cluster yaitu, Jayapura, Timika, Biak, Jayawijaya dan Merauke.

Dia berharap, berbagai elemen masyarakat, pemkab/kota, BUMN dan BUMD dapat terlibat langsung dengan kegiatan menyambut PON 2020 Papua sehingga agenda olahraga nasional empat tahunan ini sukses berlangsung di tanah Papua